Sunday, February 14, 2016

Beberapa jenis reptil yang dapat dijadikan peliharaan


Add caption
Apa Kabar sahabat reptil ?
Membahas mengenai reptil yang dapat di pelihara, sebelumnya mari kita mengenali jenis-jenis repti terlebih dahulu. 
Reptil adalah hewan berdarah dingin, yaitu, suhu tubuh reptil menyesuaikan dengan suhu dari habitat mereka. tubuh di tutupi sisik, dan bernafas dengan paru-paru.
Sekitar 5.000 spesies reptil telah di temukan shingga saat ini. asal mula kemunculan reptil sekitar 500 juta tahun lalu. Reptil ini sendiri terbagi menjadi tiga kategori diantaranya Chelonian, Squamata dan Crocodilian.
  • Reptil chelonia (kelompok kura-kura) tubuh mereka tertutup dalam cangkang keras yang terbentuk dari bahan tulang. Rahang tanpa gigi. kura-kura umumnya dapat ditemui di rawa-rawa atau tempat yang lembab. Makhluk-makhluk ini memiliki gigi pada kedua rahang mereka. Proses perkembang biakannya secara seksual.
  • Reptil Squamata (kelompok kadal) Kelompok ini dibagi menjadi dua sub kategori lacertilian dan Ophidian. dari banyak jenis kadal termasuk kategori lacertilian, memiliki lima jari dan cakar di ujung jari. di sela Jari kaki memiliki lamella yang membantu kadal mampu berjalan baik permukaan maupun di dinding. Dalam rongga bawah mata mereka terdapat membran timpani. Mereka memiliki kelopak mata mobile. kadal jenis ini bisa melepaskan ekor mereka ketika merasa terancam. kemudian ekor kadal jenis ini dapat kembali tumbuh. Kategori Ophidian. semua jenis ular termasuk dalam kategori ophidian, memiliki tubuh memanjang, tubuh silinder ditutupi dengan sisik kering. tidak memiliki kaki dan bergerak menggunakan otot tubuh. Mereka hanya memiliki satu paru-paru untuk bernafas. Lidah panjang dan terbagi dua di bagian di ujung lidah. dengan lidah ini mereka mendeteksi bau dan umumnya berburu mengandalkan sensor panas tubuh dari mangsa. memiliki penglihatan yang sangat baik.
  • Reptil Crocodilian (kelompok buaya) Gavilis, bajul dan buaya yang termasuk kedalam kategori ini. Mereka adalah hewan karnivora. Kulit yang tebal dan ditutupi sisik keras. Sela jari-jarinya terdapat membran. Lubang hidung terletak di ujung mulut. Reptil jenis ini hidup di air, meskipun begitu betinanya tetap bertelur di darat dengan membuat lubang-lubang untuk bertelur. jenis ini adalah yang terbesar dari semua jenis reptil.
Nah sudah cukup mengerti kan mengenai jenis-jenis reptil berdasarkan klasifikasinya
Berikut inilah beberapa jenis reptil yang dapat kita pelihara

Tidak sedikit diantara kita yang suka dengan binatang eksotis, seperti iguana atau ular. Hewan peliharaan seperti ini memerlukan keberanian dan tentu pengetahuan agar dapat menghindarkan resiko. lalu apa saja jenis reptil yang dapat di pelihara :

  • Blue Iguana (Iguana Biru)
    Blue Iguana
    Pada umumnya iguana berwarna hijau, namun ada juga iguana yang berwarna biru dan merah. Karakteristik iguana biru sama dengan iguana hijau ataupun merah. Makanannya berupa sayur dan buah-buahan.

    Akan tetapi, jika memelihara iguana kecil jangan terlalu banyak memberinya makan. Sebab iguana kecil akan terus makan meskipun dia sudah kenyang. Akibatnya, akan membuatnya kekenyangan dan akhirnya mati dengan perut yang terlalu besar.
  • Gecko Lizard (Kadal Timur Tengah)
  • Gecko Lizard
    Hewan ini memang terkesan menggelikan dan mirip dengan tokek. Namun percayalah bahwa ini bukan tokek, sebab Gecko tidak bisa menempel pada dinding. Pakannya pun sangat mudah, yaitu jangkrik atau ulat hongkong. Uniknya, hewan ini saat berganti kulit akan memakan kulit lamanya hingga habis tak tersisa. Selain itu warnanya juga beragam serta cantik.

  • Tegu (Kadal Argentina)
    Jangan tertipu dengan muka sangarnya. Percayalah, ini adalah kadal dengan sifat yang tenang, jarang menggigit, dan aman untuk dipelihara. Hidupnya bisa mencapai 15-20 tahun. Makanannya adalah tikus putih tergantung ukuran tubuhnya. Bisa juga memakan buah-buahan.
  • Spiderman Lizard (Kadal Spiderman)
    Kadal Spiderman

    Kadal Afrika langka ini memiliki warna merah pada bagian kepala dan punggungnya, sementara di bagian kaki belakang hingga ekor berwarna biru. Sangat mirip dengan Spiderman. Kadal ini juga sangat jinak meskipun ditemukan di alam liar. Kini banyak orang yang mencari kadal spiderman ini untuk dipelihara.
  • Cornsnake
    Cornsnake
    Ini adalah ular yang lucu dan tidak berbisa dari keluarga Colubrid. Dengan wajah dan sifatnya yang imut serta jinak, menjadikan cornsnake sangat mudah dipelihara. Bagi Anda yang takut pada ular, bisa melakukan terapi dengan ular ini, sebab ukurannya sangat kecil. Panjang maksimalnya hanya sekitar 1,5 meter. Ular jenis ini jarang sekali menggigit, hidupnya pun juga sangat lama, yaitu sekitar 20 tahun. Makanannya tikus putih kecil atau yang biasa disebut mencit.
  • Ball Python (Piton Bola)
    Ball Python
    Ini adalah satu-satunya ular terjinak di dunia. Setidaknya itulah anggapan para ilmuwan tentang Ball Python. Ular ini hidup di Afrika, namun di Indonesia sudah banyak yang mengembangbiakkan reptil lucu ini.
    Disebut lucu, karena ular ini jika terancam tidak akan menggigit, justru akan melindungi diri dengan membentuk bola. Itulah sebabnya mengapa dinamakan Ball Python. Makanannya pun sangat mudah, yaitu tikus kecil atau rat. Sifatnya yang pemalu sangat sejalan dengan bentuknya yang imut. Bentuk ular ini gendut, yaitu besar di bagian tengah atau perut namun kecil di bagian ekor dan kepala.
  • Molurus Python Albino (Sanca Albino)
    Molurus Python Albino
    Inilah ular jagoan dan idaman semua penggila reptil. Molurus Python Albino atau yang sering disebut Molab oleh para penggemar reptil. Molab memiliki warna kuning cerah yang tentunya akan membuat menarik. Karakernya pun juga jinak, sebab hewan albino memiliki kecenderungan jinak. Setidaknya itu anggapan para ilmuwan. Makanannya pun sama, yaitu tikus kecil, rat, kepala ayam, atau burung kecil.
Baik itulah beberapa jenis hewan reptil yang sempat saya uraikan, yang aman dan dapat sobat pelihara
semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat pembaca.