Sunday, February 14, 2016

Kunci menjadi seorang pengusaha sukses

Apa kabar sobat pembaca ?
Apa yang telah anda lakukan hari ini ?
Optimis dan lakukan yang terbaik untuk hari besok.
Sebab hari ini adalah hasil dari yang telah kita lakukan kemarin.
Add caption
Menjadi pebisnis sukses tentu tidak begitu saja sukses. Di butuhkan tekad dan kerja keras untuk memulai, banyak orang-orang diantara kita yang beranggapan bahwa modal yang paling penting dalam berbisnis adalah uang. namun tahukah kita bahwa tdk semata-mata uanglah yang menjadi penentu suksesnya suatu usaha bisnis. sebab jika uanglah yang menentukan maka tidak akan ada anak seorang kaya yang gagal dalam bisnis dan tidak akan ada anak seorang miskin yang berhasil dalam bisnis jika yang menentukan semata-mata adalah uang. lalu apa dan bagaimana agar bisnis dapat berjalan dengan baik.
Add caption
Berikut mari kita bahas lebih jauh mengenai rahasia di balik seorang pengusaha sukses.
Ada beberapa poin yang akan kita coba bahas satu/satu, yang pertama >
  1. Terlibat sejak dini
    Contoh : Seperti bisnis yang dikelola oleh pebisnis tionghoa, melibatkan keluarga sejak dini adalah hal biasa. Bila seorang ayah membuka rumah makan, maka anak-anaknya ditugaskan menjadi pelayan, dan biasanya istri akan menjadi kasir. Begitu anak beranjak dewasa, mereka sudah menguasai seluk-beluk bisnis di luar kepala dan mampu menjalankannya tanpa canggung. jika anda merasa terlambat, jangan berkecil hati dulu, anda masih dapat mengikuti kiat bisnis berikutnya.
  2. Administrasi dan pembukuan yang baik
    Sangat jarang toko yang dijalankan pebisnis tionghoa kehabisan stok barang. Sebab mereka menerapkan sistem administrasi barang yang baik. Sedangkan pembukuan yang baik membuat arus kas berjalan dengan baik pula. 
  3. Dua puluh persen biaya hidup
    Sebelum bisnis benar-benar sukses (dengan kata lain sebelum kaya raya), orang Tionghoa terbiasa hidup sederhana, yaitu dengan cara menggunakan hanya 20 persen dari penghasilan mereka. Bila punya pendapatan Rp 10 juta, maka yang digunakan untuk biaya hidup hanya Rp 2 juta saja dan sisanya di tabung atau di investasikan. 
  4. Berani ambil risiko
    Keyakinan bahwa selalu ada kesempatan di setiap rintangan, membuat pengusaha 
    Tionghoa lebih berani mengambil risiko. Kata gagal sepertinya sudah dihapus dari kamus mereka.  
  5. Survei dan belajar
    Yang akan memulai usaha tak segan bertanya dan belajar kepada siapapun untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai usaha yang akan dimulainya. Mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang usaha yang akan digeluti membuat usaha mereka cepat meroket, karena sudah tahu seluk beluknya. 
  6. Pelayanan terbaik
    Ada pepatah Tionghoa yang mengatakan, ‘Jika tak pandai tersenyum, jangan membuat toko.” Maksudnya, Anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sebab tanpa pelayanan yang memuaskan, bisa dijamin pelanggan akan pindah ke toko sebelah.
  7. Memelihara relasi
    Pengusaha Tionghoa terkenal pandai menjaga hubungan dengan pelanggannya. Hal 
    sederhana yang acap dilakukan adalah memberikan hadiah kepada pelanggan.Meski tak selalu berharga mahal, namun tetap akan meninggalkan kesan baik bagi pelanggannya, sehinga mereka merasa di hormati dan ingin selalu kembali ke toko tersebut.
  8. Dan yang terakhir
    Sebelum atau setelah anda sukses dalam bisnis mohon untuk tidak lupa daratan dan selalu bersyukur kepada Sang Pencipta.